Motivation art

Kesan dan Pesann 4 MAN 3 MALANG about this middle semester.. :)

Rabu, 15 Desember 2010

Ujian semester tahun ini mungkin adalah sebuah cobaan besar bagi murid-murid MAN 3 Malang. Soal-soal yang diproduksi oleh guru-guru adalah soal-soal tingkat very hard. Banyak juga siswa-siswi yang mendapat nilai rendah khusunya pada mata pelajaran TIK,QH, dan fisika. Sebenarnya ada juga murid-murid yang memperoleh nilai memuaskan, tetapi hanya minoritas saja. Hal ini mungkin diakibatkan dari faktor guru yang kurang maksimal dalam menjelaskan mata pelajaran atau dari sisi siswa yang kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal ujian. 
Mungkin karena pengaruh mitos-mitos kelas XI yang nyante dan tidak butuh belajar 'ngoyoh'. Tapi bisa juga dari faktor kondisi tubuh yang terlalu dikuras habis untuk full day. Sebenarnya fullday itu bisa nikmat kalau tidak ada tugas menggunung dari guru-guru dan ulangan yang tak ada hentinya. Jadi kita dapat lebih konsentrasi dan juga fokus pada penjelasan guru di sekolah. Kemudian kita bisa mengisi energi kita saat di rumah, apalagi untuk siswa-siswa yang masih mengikuti bimbel diluar sekolah.
Menurut pengamatan saya, siswa yang mendapat nilai kurang maksimal akan merasa bahwa dirinya tidak bisa dalam mata pelajaran tersebut. Dan rata-rata anak yang sudah merasa seperti itu akan mensugesti pikirannya untuk tidak suka pelajaran tersebut. Lalu hasil dari sugesti tersebut akan menyebabkan siswa kurang berkeinginan mempelajari lebih dalam. Apa yang akan terjadi ? Siswa yang pintar akan semakin pintar dan anak yang kurang mampu mendapatkan score yang diinginkan akan semakin jeblog nilainya.
 Di samping itu mungkin diakibatkan dari ujian yang dimajukan. Pelajaran yang diberikan guru menjadi terkesan seperti kelas aksel. Padahal belum tentu smua siswa bisa beradaptasi pada cara yang ngebut seperti itu. Saran saya kepada MAN 3 MALANG :
1. Koreksi nilai ujian lebih baik menggunakan cara manual saja, agar lebih akurat nilainya.
2. Kalau sudah diprogram fullday diharapkan tidak diberi tugas yang berlebihan agar kita terfokus pada pelajaran yang diberikan guru.
3. Andaikan pembelajaran butuh hal2 yang dikerjakan siswa secara individu, lebih baik langsung diberikan di sekolah. Tidak perlu dibuat hutang dikerjakan di rumah, karena waktu di rumah adalah untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga.
Semoga saja ini dapat menjadi masukan yang positif untuk MAN 3 MALANG. Sekian. Wassalamualaikum wr.wb.
Terus semangat teman-teman ! Buktikan keunggulan kalian di semester depan!
Chaio! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar